Pemdes Padanglampe Salurkan 500 Kg Bibit jagung

Dalam rangka meningkatkan hasil pertanian dan pemanfaatan lahan produksi jagung, pemerintah Desa padanglampe menyalurkan bantuan bibit jagung kepada petani di 4 Dusun.

Jumlah Bibit yang telah disalurkan langsung kepada petani sudah sekitar 500 Kg benih jagung. selain menjadi program desa di 2016 juga akan menjadi program di tahun 2017 ini.

“Dijelaskan Sukarman , Kepala desa padanglampe, bantuan yang disalurkan ke petani sekitar 14 kg benih/hektare. saat ini sudah tersalur untuk luas lahan sekitar 30 Hektar yang tersebar ” Verifikasi data Petani juga dilakukan, hal ini bertujuan sebagai identifikasi data luas lahan warga yg ingin bertani jagung.

Jagung merah , adalah komoditi yang terbilang baru di desa padanglampe , biasa warga hanya menanam jagung lokal dan pulut, seperti yang diungkap oleh salah satu petani, Andi Ridwan (41) ,

kami sebagai warga sangat menyambut antusias program ini, karena selama ini , bibit jagung yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini dinas pertanian , sangat terlambat disalurkan , sedangkan untuk menanam masyrakat punya waktu khusus, sehingga bibit yang diterima tidak lagi bisa digunakan , apalagi jagung merah adalah komoditi baru di desa ini , petani takut untuk mencoba , belum lagi kejelasan harga dan hasil panen nanti belum pasti dan tidak tahu akan dijual kepada siapa “terangnya.

Dijelaskan andi Ridwan, para petani jagung selama ini belum maksimal, biasanya lahan sawah yang digunakan setelah menanam padi, sehingga hasilnya masih belum seperti yang diharapkan dan tidak maksimal.terjadi karena banyak faktor, mulai dari kurangnya edudkasi dan pemahaman terhadapat cara bercocok  tanam jagung merah, kelangkaan pupuk, kurang edukasi serta budaya dan kebiasana masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan