Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas

Padanglampe.id (6/07/2019) Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kab.Pangkep mengundang Perwakilan desa dan kelurahan Kab.pangkajene dan kepulauan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi “pelatihan darurat Bencana” untuk para aparat desa dan kelurahan, dengan diadakanya pelatihan ini dapat memperkuat kerjasama warga dan Badan SAR Terkait agar dapat siap dan tanggap terhadap bencana.

peninggkatan Kerjasama harus terus ditingkatkan, terlebih karena selama 1 Pekan ini ada dua kejadian kebakaran yang menghanguskan rumah Warga, yang diduga disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. dengan diadakanya pelatihan ini diharapkan aparat desa dan kelurahan dapat mensosialisasikan kepada warga masing masing untuk mengecek kembali kelayakan sambungan listrik dirumahnya, apakah masih bagus untuk digunakan, memperhatikan kompor gas ketika memasak, dan kalau perlu melakukan simulasi tanggab bencana kepada masyarakat.

selanjutnya ketika Pelatihan dan pemahaman warga tentang tanggab bencana sudah dirasa cukup, pemerintah desa dan kelurahan bisa menggangarkan perlengkapan Alat pemadam kebakaran seperti : Tabung Asap, Motor pemadam Kebakaran dan mobil pemadam kebakaran disetiap desa. tapi hal ini masih menunggu kebijakan Pemerintah daerah karena hal tersebut terkait anggaran.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan