Pengembangan Potensi UMKM di Desa Padanglampe

Padanglampe.desa.ID  – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu unit usaha kecil yang berfungsi sebagai katup pengaman baik dalam menyediakan alternatif kegiatan usaha produktif, alternatif penyaluran kredit, maupun dalam hal penyerapan tenaga kerja. Keberadaan UKM sangat penting diperthankan guna membantu mengatasi berbagai masalah-masalah ekonomi dan sosial, khususnya yang berkaitan dengan upaya mengatasi pengangguran serta pengentasan kemiskinan

Ma’rang merupakan salah satu kecamatan di Pangkep yang memiliki banyak potensi yang bisa dijadikan sebagai pusat ekonomi kreatif oleh pemerintah. Salah satunya adalah kawasan perdesaan padanglampe, Alesipitto , punranga dan desa tamangapa.

Kawasan ini selain terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah,  juga terdapat banyak pelaku UMKN yang mulai dirintis oleh beberapa kelompok maupun perseorangan.

Salah satunya adalah Saharuddin (35),warga Desa padanglampe yang berdomisili di dusun alekarajae ini, memilih untuk mengembangkan usaha reparasi dan pembuatan furniture. Usaha yang mulai dirintisnya sejak setahun lalu kini mulai menggeliat, awalnya hanya sekdar tukang repasi kursi  dan furniture yang berbahan dasar kayu,  serta memanfaatkan kayu kayu bekas industri , namun ditangannya bisa menjadi karya yg bernilai ekonomis.

Hasil produksi Saharuddin Pengrajin Furniture di Dusun Ale Karaje Desa padanglampe

Tentu saja dalam dalam perkembangan sebuah usaha ada saja kendala yg dihadapi, antara lain minimnya permodalan dan juga peralatan yang memadai untuk peningkatan produksi serta kendala pemasaran yang  belum maksimal,  belum lagi tidak adanya pembinaan dan perhatian dari pemerintah daerah maupun UPD terkait sehingga banyak pelaku  UMKN belum bisa dan agak takut untuk mengembangkan usaha yang lebih besar .

Kebanyakan pelaku UMKN yang ada memulai usahanya hanya dengan modal Kepercayaan dan keberanian untuk beriwirausaha.

Nah jika anda berminat untuk membantu dalam pengembangan pelaku UMKM di desa padanglampe , bisa menghubungi 085342070012 atau berkunjung  langsung ke desa padanglampe

1 Comment

Tinggalkan Balasan