Penutupan TOT Pandu Desa

.

Padanglampe-News (30/11/2018) Penutupan Pelatihan Training Of Trainer (TOT) Tingkat Nasional yang bertempat di Desa Mandala Mekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Yang dimulai dari Hari selasa Tanggal 21-30 November 2018, yang Jumlah Pesertanya berasal Dari 18 Provinsi, Mulai dari Provinsi Aceh, Medan, Palembang, Riau, Kepri, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Ambon, Lombok, dan Papua. Berbaur menjadi satu untuk belajar menjadi Pandu Desa yang mempunyai Peran Untuk Menjarin dan mengembangkan sistem informasi desa Senusantara.

Lokasi pelatihan ini diselenggarakan di Desa Mandala Mekar, karena Merupakan Desa percontohan untuk program desa Broadband atau desa yang terpasang dengan Baik fasilitas internetnya dan merupakan satu-satunya desa yang lengkap fasilitas internetnya diseluruh indonesia. Dan bahkan menariknya fasilitas yang di bangun oleh anak muda desa mandala Mekar.

Keistimewaan selanjutnya dari pelatihan ini yaitu memberdayakam masyarakat desa untuk turut mengambil bagian dari pelatihan seperti penggunaan rumah Warga Sebagai homestay  peserta pelatihan dari seluruh indonesia, dan konsumsi peserta dan panitia dimasak dan diracik oleh warga desa.

Metode seperti ini sedianya dapat di adopsi oleh Dinas Dinas terkait dalam melakukan Bimtek atau semacamnya untuk melakukan kegiatan pelatihan di desa, dan bisa mencontoh Desa Mandala Mekar kecamatan jatiwaras kab. Tasikmalaya provinsi Jawa Barat. dan apresiasi setinggi-tingginya dari Panitia Pelaksana kegiatan (BP2DK) Badan Prakarsa pemberdayaan masyarakat desa. yang sudah merintis website desa di 5315 desa Diseluruh Indonesia dan masih akan dikembangkan untuk daerah yang lebih luas.😀

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan