Tradisi Pindah Rumah

Tradisi pindah rumah bagi masyarakat di desa padanglampe artinya adalah memindahkan rumah seutuhnya ke lokasi yang baru, istilahnya adalah ” mappalette bola”.Biasanya mappalette bola dilakukan apabila si pemilik rumah punya lahan baru atau membeli rumah seseorang dan dipindahkan ke tempat barunya. biasana rumah yang dipindahkan adalah rumah rumah panggung dari kayu yang mudah dibongkar dan dipindahkan ke lokasi yang lain.

Pada saat pemindahan tersebut kita bisa melihat budaya gotong royong warga satu kampung yang sekarang ini sudah sangat jarang dijumpai.

sebelum memualai memindahkan , tentusaja ada ritual tersendiri yg dilakukan oleh pemilik rumah beserta ‘Panre Bola” atau orang dianggap punya kelebihan dalam hal perumahan.Masyarakat sekitar pun turun tangan membantu bersama-sama

Pengangkatan rumah oleh warga satu kampung ini dikomandoi oleh ketua adat atau kepala kampung. Ketua kampung tersebut yang akan memberikan aba-aba kapan harus mengangkat, berjalan, kecepatan langkah dan sebagainya.

Berikut Video Pemindahan Rumah salah seorang warga desa padanglampe

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan